Mitsubishijambi.com MEMILIKI kabin mobil yang berbau harum sangat disukai sebagian besar pemilik mobil di Indonesia, penggunaan parfum mobil sintetis (wangi-wangian tiruan) saat ini semakin umum digunakan sebagai pengharum mobil dari yang harga sekian ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah.


Penggunaan wangi-wangian yang tepat pada kabin mobil pada dasarnya dapat meningkatkan performa mengemudi maupun keceriaan penumpang karena bau wangi mempengaruhi keadaan psikologis seseorang, akan tetapi penggunaan wangi-wangian berupa parfum (wangi-wangian sintetis) juga memiliki akibat yang kurang baik pada kesehatan dalam waktu yang cukup lama.

Kebanyakan parfum mobil dibuat dari campuran bau wangi kimia (non alami) plus alkohol, bentuknya bisa cair dan bisa gel. Zat kimia beserta alkohol ini yang memenuhi udara dalam kabin mobil dimana meskipun terasa harum akan tetapi dalam jangka waktu lama berbahaya bagi paru-paru anda dan mungkin juga masalah kesehatan yang lain.

Sebagian besar pecinta otomotif juga memanfaatkan bau parfum mobil ini untuk mengalahkan bau kotoran dalam mobil (keringat, sisa makanan, karpet basah, dll) yang mana hal ini sangat tidak disarankan, jika mobil bau apek seharusnya dicuci bukan diberi parfum.

Untuk mengatasi akibat buruk pada kesehatan dan mobil tetap berbau wangi adalah dengan cara memakai parfum mobil alami (wangi-wangian alami) misalnya dari daun teh asli, bunga kopi asli, bunga cengkeh, daun jeruk nipis, bunga melati dan lain sebagainya.

Bau kayu manis menurut penelitian dapat meningkatkan konsentrasi pengemudi, akan tetapi bau wangi bunga lavender justru dapat membuat pengemudi menjadi mengantuk sedangkan bau alang-alang hutan dapat memacu agresifitas mengemudi (hindari).

Menggunakan wangi parfum mobil yang kurang tepat justru akan menimbulkan dampak yang bukan positif alian negatif misalnya rasa mual, mau muntah, kepala pusing, cepat lelah, mudah marah, mudah panik, tidak konsentrasi, dan lain-lain. Ini adalah gejala pecinta otomotif sedang keracunan parfum mobil, untuk mengatasinya bukalah kaca jendela agar udara berganti dan buang parfum tersebut.

Catatan: jangan menempatkan parfum mobil di depan lubang AC karena dapat meningkatkan potensi bahaya pada kesehatan (mobilku.org)
 
Top